Menelisik Kisah dalam Al-Qur’an: Penafsiran Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Alquran
DOI:
https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i1.139Keywords:
Kisah-kisah dalam Alquran, Penafsiran, Nilai-nilai PendidikanAbstract
Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan islam dalam kisah-kisah yang ada dalam Alquran. Melalui analisis terhadap kisah-kisah tersebut diketahui bahwa pendidikan Islam menekankan pada aspek akhlak, tauhid, dan pengembangan potensi individu. Selain itu dalam pendidikan Islam juga ditekankan pada pembentukan kepribadian yang bermoral dan bertanggungjawab serta pengembangan kemampuan untuk berpikir kritis dalam mencari ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang ada dalam kisah-kisah dalam Alquran. Metodologi yang digunakan dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan berbasis library reseach atau studi pustaka. Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam kisah-kisah Alquran dengan cara menganalisis kisah-kisah dalam Alquran. Kisah-kisah dalam Alquran yang peneliti temukan ada 3 nilai inti pendidikan Islam. Pertama, nilai keimanan dan ketakwaan, diungkap melalui kisah nabi Ibrahim dan nabi Musa yang menunjukkan betapa pentingnya ketaatan pada Allah dan kesetiaan pada keyakinan kepadaNya. Kedua nilai kejujuran dan keadilan ditunjukkan melalui kisah nabi Yunus dan nabi Yusuf. Kisah nabi Yunus dan nabi Yusuf menunjukkan betapa pentingnya untuk selalu jujur dan adil dalam segala tindakan. Ketiga, nilai kerja keras dan keberanian ditunjukkan melalui kisah nabi Ayyub dan nabi Ibrahim, dari kisah beliau berdua dapat diketahui betapa pentingnya untuk selalu berusaha keras dan berani dalam menghadapi segala cobaan.
References
Achmad, A. D. (2019). NILAI-NILAI PSIKOLOGIS DAN PENDIDIKAN MELALUI KISAH DALAM ALQURAN. An-Nufus, 1(1). https://doi.org/10.32534/annufus.v1i1.1773
Hermanto, E., Nurfajriyani, N., Putra, A., & Akbar, A. (2020). KISAH DALAM AL-QUR’AN (STUDI KITAB MADKHAL ILA AL-QURAN AL KARIM KARYA MOHAMMED ABED AL-JABIRI). PERADA, 3(1). https://doi.org/10.35961/perada.v3i1.132
Humaedah. (2021). KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. PAI Raden Patah, 3.
Jariah, A., Abu Bakar, A., & Haddade, H. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Qashas Al-Qur’an (Studi Sintesis Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an). Action Research Literate, 6(1). https://doi.org/10.46799/arl.v6i1.91
Kamaruzaman, A. F., Noh, N. C., Sidik, R., & Jamsari, E. A. (2017). The purification of historical facts in the novel, umar al-khattab: Reformis dunia islam. In International Journal of Civil Engineering and Technology (Vol. 8, Issue 11).
Machdy, R. (2019). Loving The Wounded Soul (Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia). PT Gramedia Pustaka Utama.
Maskhuroh, L. (2003). SayyidKhadar , al-TikraralUslubifial-Lugahal-Arabiyah, hlm 147, cetDarel-Wafa, tahun 2003 70. Studi Pengulangan Ayat Pada Surat Al Rahman (Telaah Atas Tafsir Al-Misbah).
Mu’in, F., & Santoso, R. (2020). KONSTRUKSI DAN ARAH BARU PEMAHAMAN TERHADAP I’JAZ AL-QURAN. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(01). https://doi.org/10.32332/riayah.v5i01.2298
Mu’nis, H. (2018). Sejarah Otentik Nabi Muhammad SAW (H. Abdurrazaq (ed.); D. M. N. Kamba (trans.)). Pustaka IIMaN.
Qattan, M. Al. (2019). Mabahis fi Ulumi Al-Quran (M. Hasanuddin & M. AS (trans.)). Litera Antar Nusantara.
Ramadhani, A. (2021). TEACHER AND STUDENT RELATIONSHIP IN THE STORY OF MOSES AND KHIDIR. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 5(2). https://doi.org/10.14421/skijier.2021.52.01
Shieddieqy, H. A. (1993). Ilmu-ilmu Al-Quran. Bulan Bintang.
Syamsuddin, M. (2018). Metode Pendidikan Anak Berbasis Qishshah AL-Anbiyâ’ dan Kontekstualisasinya di Perguruan Tinggi Islam. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 1. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1243
Tamrin, A. (2018). Logika Kemukjizatan Alquran Dalam Dimensi Filsafat Ilmu. Mizan: Journal of Islamic Law, 2(2). https://doi.org/10.32507/mizan.v2i2.378

