Peran Tasawuf Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i1.138Keywords:
Pendidikan Islam, Tasawuf, TarekatAbstract
Pendidikan Islam yang terjadi di era modern ini bukanlah hal yang sporadis hadir semata, melainkan melalui proses yang sangat Panjang. Dimulai dari masa sahabat, dinasti umayyah, dinasti abbasiyah hingga sampailah ilmu pengetahuan islam itu sampai dikita. Peneleitian ini untuk mengetahui sejarah dan perkembangan lahirnya tasawuf dan peran tasawuf bagi Pendidikan islam di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yakni bahwa perkembangan tasawuf muncul pertama kali pada awal abad ke 3 Hijriah, teorisasinya dimulai pertama kali oleh ulama Hasan al-Basri, sedangkan proses pengilmiahannya ditangan al-Muhasibi dan dilanjutkan oleh Abu Nashr al-Sarrah (w.378/988), al-Kalabadzi (w.380/994) dan al-Makki (386/996). Tasawuf berperan besar dalam Pendidikan islam melalui tarekat dan pesantren.References
Abdul Kadir Riyadi. (2016). Arkeologi Tasawuf: Melacak Jejak Pemikiran Tasawuf dari Al-Muhasibi hingga Tasawuf Nusantara. Mizan Pustaka.
Anis, M. (2015). POTRET PENDIDIKAN MASA DINASTI UMAYYAH. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 7(1), 107—116. https://doi.org/10.47435/AL-QALAM.V7I1.185
Anita, A., Hasan, M., Warisno, A., Anshori, M. A., & Andari, A. A. (2022). Pesantren, Kepemimpinan Kiai, dan Ajaran Tarekat sebagai Potret Dinamika Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 509—524. https://doi.org/10.37680/SCAFFOLDING.V4I3.1955
HM. Shibul Kahfi. (2019). Lentera Kehidupan dan Perjuangan Kiai Yahya (V). Inteligensia Media.
Idrus, L. (2020). PESANTREN, KYAI DAN TAREKAT (Potret Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia). Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(2). https://doi.org/10.35673/AJDSK.V6I2.1160
John W. Creswell. (2021). Research Deisgn (V). Pustaka Pelajar.
Kertayasa, H., Syach, A., Yusuf, R. N., & Supriatna, A. (2021). Peran Tarekat Sufi Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Modern. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 549—561. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I2.358
Muhammad Nursamad Kamba. (2018). Kidz Zaman Now Menemukan Kembali Islam. Pustaka IIMAN.
Muzakir IAIN Sultan Thaha Saefudin, A. (2015). Petunjuk Baru Silsilah Ahmad Khatib Sambas: Tiga Teks Tulisan Melayu. Jurnal Lektur Keagamaan, 13(2), 513—532. https://doi.org/10.31291/JLK.V13I2.238
Nashihin, H., Aziz, N., Adibah, I. Z., Triana, N., & Robbaniyah, Q. (2022). KONSTRUKSI PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS TASAWUF-ECOSPIRITUALISM. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01). https://doi.org/10.30868/EI.V11I01.2794
Ni’am, S. (2013). INSTITUSI PENDIDIKAN DALAM TASAWUF. In KANZ PHILOSOPHIA (Vol. 3, Issue 2).
Nur Yasin. (2020). Penerapan Nilai-nilai Tasawuf dalam Pembinaan Akhlak Santri pada Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang. Al-Musannif, 2(1), 49—68. https://doi.org/10.56324/AL-MUSANNIF.V2I1.37
Rosyid, Moh. (2018). Potret Organisasi Tarekat Indonesia dan Dinamikanya. Religia, 78—95. https://doi.org/10.28918/RELIGIA.V21I1.1507
Rubaidi. (2020). Pengarusutamaan Nilai-nilai Sufisme dalam Pendidikan Islam Indonesia Kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 8(1), 21—38. https://doi.org/10.15642/JPAI.2020.8.1.21-38
Sholihah, M., Ma’arif, M. A., & Romadhan, M. S. (2021). KONSELING ISLAM DENGAN DZIKIR TAREKAT QADIRIYAH NAQSABANDIYAH: MENGATASI KEGELISAHAN JIWA DAN BATHIN. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(2), 299—317. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V4I2.143
Sofyan Rofi, Prasetiya, B., & Agus Setiawan, B. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 396—414. https://doi.org/10.30596/INTIQAD.V11I2.2658
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suteja. (2016). Tasawuf di Nusantara. Aksara Satu.