Pendidikan Islam: Sebuah Konsep Pembaruan dalam Kacamata Rasyid Ridha
DOI:
https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i1.137Keywords:
Rasyid Ridha, Pendidikan Islam, Pembaruan Islam, Tafsir Al-ManarAbstract
Pendidikan Islam memiliki urgensi dan peran penting dalam konsep dan pelaksanaannya. Pentingnya pendidikan Islam membuat konsep pendidikan Islam dari berbagai pemikiran patut dipertimbangkan untuk melihat konsep yang paling baik. Pemikiran Rasyid Ridha tentang pendidikan Islam menjadi salah satu hal yang menarik untuk diteliti mengingat posisi Rasyid Ridha sebagai tokoh pembaru Islam yang bahkan memengaruhi tokoh-tokoh lain pada abad setelahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam yang ditawarkan Rasyid Ridha dalam menjawab konsep pendidikan Islam yang sesuai dengan zaman modern. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penelitan selanjutnya sebagai dasar atau pembanding. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan menggunakan pendekatan historis dan metode studi kajian tokoh. Sumber data diambil dari sumber data sekunder yaitu berupa karya-karya dari Rasyid Ridha dan karya-karya lain yang berkaitan dengan pemikiran Rasyid Ridha dalam hal pembaharuan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa Rasyid Ridha adalah tokoh pembaruan Islam terutama dalam bidang pendidikan Islam yang membawa konsep pembaruan dalam pendidikan Islam. Dari data yang berhasil dikumpulkan, peneliti menemukan lima tema utama dari konsep pendidikan Islam yang ditawarkan oleh Rasyid Ridha dalam perspektifnya, yaitu mencangkup kurikulum pendidikan Islam, lembaga pendidikan Islam, sumber pendidikan Islam, metode pendidikan islam, dan dinamika reformasi pendidikan Islam.References
Adelia, I., & Mitra, O. (2021). Permasalahan Pendidikan Islam di Lembaga Pendidikan Madrasah. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 32—45. https://doi.org/10.32939/ISLAMIKA.V21I01.832
Athahillah, A. (2006). Rasyid Ridha: Konsep Teologi Rasional dalam Tafsir Al-Manar. Penerbit Erlangga.
Bashori. (2017). PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM (Konsep Pendidikan Hadhari). JURNAL PENELITIAN, 11(1), 141. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2031
Bisri, K. (2021). Rasionalitas Al-Quran; Studi Kritis atas Tafsir Al Manar karya M. Abduh dan M. Rasyid Ridha. NUSAMEDIA.
Fauzan, P. I., & Fata, A. K. (2019). Jaringan Pesantren di Jawa Barat Tahun 1800-1945: Critical Review atas Disertasi “Jaringan Pesantren di Priangan 1800-1945” Karya Ading Kusdiana. Jurnal Lektur Keagamaan, 17(1), 139—168. https://doi.org/10.31291/JLK.V17I1.602
Firjianto, R. (2022). Pengaruh Ideologi Muhammad Rasyid Ridha Terhadap K.H Ahmad Dahlan dalam Pembaharuan Islam di Indonesia [Skripsi, Universitas Sebelas Maret]. Dalam Skripsi: Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/95368/PENGARUH-IDEOLOGI-MUHAMMAD-RASYID-RIDHA-TERHADAP-KH-AHMAD-DAHLAN-DALAM-PEMBAHARUAN-ISLAM-DI-INDONESIA
Hamid, A. (2016). Umat Bertanya Waled Menjawab: Pemikiran Tgk. H. Nuruzzahri (M. Hamzah, Ed.). Bandar Publishing.
Harahap, S. M. (2021). Gagasan Kontekstualis Muhammad Rasyid Ridha terhadap Syura dan Khilafah. Kencana.
Iqbal, M. (2019). Kurikulum dan Koedukasi Pendidikan Islam (Pandangan Abu Al-Hasan Al-Qabisi dan Rasyid Ridha). Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 2(1), 13—25. https://doi.org/10.5281/zenodo.2575104
Kharlie, A. T. (2018). Metode Tafsir Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha dalam Tafsîr Al-Manâr. TAJDID, 25(2), 119. https://doi.org/10.36667/tajdid.v25i2.323
Khumaini, F., Isroani, F., Ni’mah, R., & Mamlu’ah, A. (2022). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Kurikulum dan Pendekatan Humanistik di Era Digital. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(2), 680—692. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.291
Maharani, H., Yazwardi, & Mikail, K. (2022). Sistem Pemerintahan Islam Perspektif Muhammad Rasyid Ridha dan Ali Abdurraziq. Ampera: A Research Journal on Politics and Islamic Civilization, 3(1), 1—10. https://doi.org/10.19109/AMPERA.V3I01.8960
Muhajirin. (2022). Ide-ide Pembaharuan Jamaluddin al-Afghany, Muhammad Abduh, dan Rasyid Ridha. Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman, 3(1), 63—80—63—80. http://e-journal.faiuim.ac.id/index.php/dirasatislamiah/article/view/82
Nasution, R. P. (2022). Penafsiran Rasyid Ridha dan M. Quraish Shihab Tentang Pernikahan Beda Agama. AL-FURQAN, 7(2), 239—251. https://ejournal.staidapayakumbuh.ac.id/index.php/alfurqan/article/view/66
Ningsih, A., Mawardi, K., & Rohmat, R. (2021). Pembaharuan Pendidikan Islam (Studi Pemikiran Muhammad Abduh Dan Rasyid Ridha). Jurnal Penelitian Agama, 22(1), 87—101. https://doi.org/10.24090/JPA.V22I1.2021.PP87-101
Rahman, K. (2018). Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1—14. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/130
Ridha, M. R. (t.t.). Tafsir Al Manar. Dar Al Fikr.
Sanusi, A. (2018). Pemikiran Rasyid Ridha Tentang Pembaharuan Hukum Islam. Tazkiya, 19(02), 28—51. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/1270
Setiawan, B. A. (2019). Manhaj Tarjih Dan Tajdid: Asas Pengembangan Pemikiran dalam Muhammadiyah. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(1), 35—42. https://doi.org/10.32528/TARLIM.V2I1.2068
Shihab, M. Q. (2006). Rasionalitas Al-Qur’an: Studi Kritis atas Tafsir Al-Manar. Lentera Hati.
Suharto. (2022). Peran Penting Pendidikan Agama Islam bagi Pendidikan di Indonesia. AL Fikrah : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 74—82. https://doi.org/10.31681/jetol.737193
Syah, I. (2018). Pemikiran Muhammad Rasyid Ridha Tentang Pembaharuan Pendidikan Islam [Skripsi]. UIN Raden Intan Lampung.
Wahyuni, E., Febriyarni, B., & Saputra, H. (2022, September 21). Konsep Tauhid Uluhiyah Perspektif Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha dalam Tafsir Al-Manar. AL-HUDA: Journal of Qur’anic Studies. http://202.162.210.184/index.php/alhuda/article/view/297
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zulmuqim, Z., Zalnur, M., Aroka, R., & Desman, D. (2022). Hakikat Pendidikan Islam: Dasar, Tujuan dan Kurikulum Pendidikan Islam serta Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11721—11731. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.10322