Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional di Aceh (Studi Penelitian Pesantren Mudi Mesra Samalanga Kabupaten Bireuen - Aceh)
DOI:
https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i1.141Keywords:
Pendidikan, Sistem, Pesantren TradisionalAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional di Aceh. Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh keinginan dari penulis untuk mengetahui bagaimana eksistensi Pesantren MUDI Mesjid Raya Samalanga di mana ketika zaman terus berubah dan sistem pendidikan saat ini terus berkembang dengan berbagai kurikulum baru dan metode pembelajaran juga ikut berkembang dan berbeda dengan model pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian dengan Mengkaji tentang: (1) Apa latar belakang terjadinya pembaharuan pendidikan di Pesantren MUDI Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen Aceh Aceh. (2) Bagaimana bentuk pembaharuan pendidikan Pesantren MUDI Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen Aceh Aceh. Jenis penelitian ini field research (lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latar belakang terjadi pembaharuan dalam bidang pendidikan Pesantren MUDI Mesjid Raya (1) Untuk memenuhi dan mengikuti perkembangan IPTEK, (2) Sebagai bentuk keprihatinan Pimpinan Pesantren terhadap eksistensi santrinya dimasa mendatang, (3) Belum adanya lembaga Pesantren tradisional yang menyelenggarakan pendidikan secara komprehensif mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMK dan Perguruan Tinggi. Sedangkan bentuk pembaharuan pendidikannya, dalam hal kurikulum yaitu telah dapat dijalankan dua sistem pendidikan formal dan non formal dengan baik dan harmonis tanpa terjadi gesekan dan benturan. Dan begitu juga dengan penerapan kurikulum, sumber belajar tidak tergantung kepada satu figur Guru, tetapi juga sumber-sumber lainnya sebagai akibat semakin intensifnya interaksi dengan dunia luar seperti kitab-kitab keagamaan kontemporer, media massa/elektronik dan lain-lain.References
A. Malik M. Thaha Tuanaya, dkk. 2007. Modernisasi Pesantren.Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.
Abdullah Syukri Zarkasyi. 2005. Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren.Jakarta: Grafindo Persda.
Haidar Putra Daulay. 2009. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Karel A. Steenbrink. 1986. Pesantren, Madrasah, Sekolah. Jakarta: LP3EF.
Lexy. J Moleong. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja RosdaKarya.
Safwan Idris. 1987. Apresiasi Terhadap Peranan Dayah dalam Pembinaan Masyarakat Sekitarnya.Banda Aceh: Pengurus Besar Inshafuddin.
Sutrisno. 2006. Pendidikan Islam Yang Menghidupkan: Studi Kritis Terhadap Pemikiran Fazlur Rahman. Yogyakarta: Kota Kembang.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.
Zaini Ahmad Syis. 1980. Standarisasi Pengajaran Agama Pondok Pesantren.Jakarta: Proyek Pembinaan dan Bantuan Pondok Pesantren Departemen Agama RI.
Zamakhsyari Dhofier. 2011. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya mengenai Masa depan Indonesia.Jakarta: LP3ES.
Zuhairini dkk. 2009. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.