Strategi Branding Image dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Tsanawiyah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i1.144

Keywords:

Strategi, Branding Image, Daya Saing

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplor Strategi Branding Image dalam Perencanaan dan pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat Strategi Branding Image Dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Tsanawiyah Tungkal Ulu. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui pendekatan eksploratif dengan menggunakan insrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data (Condensation), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Verification). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Tsanawiyah Tungkal Ulu dengan perencanaan yaitu melakukan sosialisasi meningkatkan prioritas kedisiplinan dan meningkatkan kegiatan extrakurikuler yang lebih efektif serta gratisnya uang komite perbulan dan uang biaya masuk tanpa di pungut biaya. Pelaksanaan Branding Image oleh kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Tsanawiyah Tungkal Ulu yaitu kepala sekolah dan panitia masuk ke setiap kelas VI (enam) dengan bersosialisasi mempromosikan Madrasah Tsanawiyah Tungkal Ulu, selanjutnya kepala sekolah menjelaskan kepada murid kelas VI (enam) tentang pilihan program extrakurikuler sesuai minat dan bakat mereka, setelah itu kepala sekolah menjelaskan kepada murid-murid kelas VI (enam) tentang sudah gratisnya uang komite perbulan dan uang biaya masuk tanpa di pungut biaya di Madrasah Tsanawiyah Tungkal Ulu.

References

Afifudin & Ahmad. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif.

Agus R, A. H., & Ummah, B. (2019). Strategi image branding universitas nurul jadid di era revolusi industri 4.0. In Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 12, Issue 1). https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i1.352

Cohen, L., Manion,.L, & M. (2017). Research Method in Educatiom in Research Methods in Education. London: https://doi.org/10.4324/9781315456539.

J.Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.Bandung Alfabeta.

Leniwati, & Arafat, Y. (2017). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume 2, No. 2, Juli-Desember 2017. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2 (2).

Lestari, R. (2018). Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta didik di MTsN Sungai Jambu Kabupaten Tanah Datar. Institut Agama Islam Negeri BatuSangkar.

Maria, P. U. (2020). Strategi kepala sekolah dalam pengembangan daya saing lembaga pendidikan di uhammadiyah cipete kecamatan cilongok kabupaten banyumas.

Muljawan, A. (2019). Model dan Strategi Manajemen Lembaga Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 20(2).

Nurdyansah, & Toyiba, F. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Patricia, C. O. S. (2021). Strategi branding membangun branding image di madrasah ibtida’iyah(MI) yusuf abdussatar kediri lombok barat kediri lombok barat tahun 2021 (Vol. 3, Issue 2). ibtida’iyah (MI) yusuf abdussatar kediri lombok barat kediri lombok barat tahun 2021.

Wibowo, A. E. (2018). Strategi membangun brand image dalam meningkatakan daya saing lembaga pendidikan MAN 2 Ponorogo. Tesis, 1 of 112.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Rusmini, R., Chaniago, F., & Piola, H. (2023). Strategi Branding Image dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Tsanawiyah. ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education, 1(1), 18–28. https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i1.144

Issue

Section

Articles