Pengaruh Strategi Pemasaran Berbasis Information, Communication, Technology (ICT) Terhadap Peningkatan Penjualan Umkm di Desa Kampung Mangkai Kabupaten Batu Bara
DOI:
https://doi.org/10.52029/gose.v1i1.114Keywords:
ICT, Peningkatan Penjualan UMKM, Strategi PemasaranAbstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di Desa Kampung Mangkai Kabupaten Batu Bara dengan pemilik beberapa UMKM, ditemukan ternyata masih ada pelaku UMKM yang tidak memanfaatkan ICT, dikarenakan tidak pahamnya menggunakan gadget ataupun media sosial atau dengan terbatasnya waktu dan wawasan. Kemudian mereka juga masih menggunakan strategi pemasaran dengan cara yang manual. Hasil penelitian menunjukkan beberapa pelaku UMKM kalangan anak muda pada saat ini ternyata masih ada yang memanfaatkan media sosial mereka untuk memasarkan produk mereka dengan menggunakan teknologi dan terjadinya perubahan drastis dengan peningkatan hasil penjualan mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian, lokasi dan waktu penelitian, populasi dan sampel, sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, analisis data, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini yaitu: berdasarkan hasil pengolahan data dengan mengggunakan SPSS Versi 23 dapat disimpulkan Strategi Pemasaran Berbasis ICT berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Desa Kampung Mangkai Kabupaten Batu Bara. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil t hitung > t tabel yaitu sebesar 3,337 > 0,68304, maka dapat disimpulkan Ha diterima. Hal ini menjelaskan bahwa Strategi Pemasaran Berbasis ICT mempengaruhi Peningkatan Penjualan UMKM di Desa Kampung Mangkai Kabupaten Batu Bara.References
Bkpm. (2020). upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia. Www.Go.Id.
Elsandra, Yesi dan Yulianto, A. A. (2013). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Usaha Kecil Menengah Berbasis Industri Kreatif Melalui ICT. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 2(1).
Herdianata, C., & Pranatasari, F. D. (2021). Literasi Keuangan Berbasis Fintech Bagi UMKM. Deepublish.
Khoeron, M. (2021). Perkuat Kemandirian, Kemenag Kembali Latih UMKM Pesantren.
Muhammad Rizal, Erna maulina, N. K. (2018). Fintech Sebagai Salah Satu Pembiayaan bagi UMKM. Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 89—100.
Nafiah, & Faih. (2019). Analisis Transaksi Financial Technology (Fintech) Syariah Dalam Perspektif Maqashid Syariah. Iqtishadia, 6(2), 167.
Noor, R. Z. (2017). Manajemen Bisnis Berbasis Teknologi Digital. Alfabeta.
Rasyid, A. (2019). Sekilas Pertumbuhan Fintech di Indonesia. Binus.
Sarwono, H. A. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kencana.
Wahyuni. (2019). Perkembangan Ekonomi Islam Di Indonesia Melalui Penyelenggara Fintech Syariah.

