Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in Microsoft Word document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Posita: Jurnal Hukum Keluarga Islam hanya menerima artikel dari hasil penelitian dalam Bahasa Indonesia. Artikel yang dikirim harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan tim jurnal. Artikel harus dalam format Microsoft word (doc, docx) dan dikirim memalui situs web jurnal. Panjang artikel maksimal 20 halaman, sudah termasuk referensi, lampiran, tabel, dan gambar.

Artikel yang dikirim ke redaksi kami akan dipertimbangkan untuk publikasi jika memenuhi kriteria berikut:

1) Artikel harus membahas topik terkait dengan tema Hukum Keluarga Islam yang ditulis dalam Bahasa Indonesia.

2) Artikel  harus asli dan didasarkan pada penelitian dan tinjauan literatur yang berkontribusi untuk pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Hukum Keluarga Islam.

3) Artikel harus asli, berbasis penelitian, belum dipublikasikan, dan tidak sedang ditinjau untuk kemungkinan publikasi di jurnal lain.

4) Penulisan artikel terdiri dari judul, nama penulis, institusi, alamat email korespondensi, abstrak, kata kunci, konten, dan referensi.

5) Naskah harus diketik dalam format dokumen Microsoft Word dengan font Californian FB dan ukuran 12 dengan spasi 1.  Naskah diketik di atas kertas A4 dengan  margin atas 4,17 cm, margin kiri 3 cm,  margin bawah 4 cm, dan margin kanan 3 cm.

6)  Judul naskah berbahasa Indonesia terdiri maksimal 12 kata. Naskah harus disertai dengan  abstrak  dan  kata kunci dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.  Abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris masing-masing terdiri dari  200-300 kata. Kata kunci dalam Bahasa Indonesia dan Inggris masing-masing terdiri  3-5 kata. Artikel harus diketik dalam Microsoft Word (doc, docx) dan dikirim ke redaksi melalui Online Journal System (OJS). Abstrak harus memuat gap research, tujuan penelitian,   metode, hasil, dan kesimpulan.

Penyunting berhak menyeleksi dan mengedit naskah yang masuk tanpa mengurangi hasil penelitian dan temuan yang didapat oleh peneliti. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahu kepada penulis. Prioritas pemuatan naskah didasarkan pada penilaian substansi dan urutan naskah yang masuk ke Posita: Jurnal Hukum Keluarga Islam. Substansi tulisan atau artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.


SISTEMATIKA PENULISAN

Judul, Nama Penulis, Afiliasi, dan Email Korespondensi

Judul ditulis dengan huruf kapital, bold, jenis huruf Californian FB ukuran font 12, spasi 1. Nama penulis ditulis tepat di bawah judul. Nama pengarang tidak disertai gelar apapun, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, dan tidak diawali dengan kata “oleh”. Urutan penulis adalah penulis pertama, penulis kedua, penulis ketiga, dan seterusnya. Afiliasi dari semua penulis ditulis di bawah nama penulis. Afiliasi dicantumkan lengkap berupa program studi, fakultas, universitas, alamat universitas, kota, negara, dan kode pos. Email korespondensi ditulis di bawah afiliasi. Nama penulis, afiliasi, dan email korespondensi ditulis dengan font Californian FB ukuran font 12. Hanya alamat email korespondensi yang dicantumkan. Judul, nama penulis, afiliasi, dan email korespondensi ditulis di posisi tengah kertas. Nama penulis diberi nomor (superscript) berdasarkan urutan pengarang.

Abstrak

Struktur abstrak diawali dengan latar belakang penelitian, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak Disusun secara naratif terdiri dari 200-300 kata dalam satu spasi dan satu paragraf dan ditulis berurutan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak ditulis dengan jenis font Californian FB ukuran 10pt. Abstrak ditulis tanpa indentasi di awal kalimat. Abstrak disertai dengan kata kunci, terdiri dari 3-5 kata kunci dengan maksimal 3 kata untuk setiap frase. Kata kunci harus merujuk secara khusus pada tema penelitian utama. Kata kunci tidak selalu harus diambil dari judul.

Pendahuluan

Pendahuluan dimulai secara singkat dengan latar belakang umum penelitian. Kemudian dilanjutkan dengan State of the Art (kajian literatur atau kajian sebelumnya secara singkat, 1-2 paragraf) dengan tujuan menjustifikasi dan memperkuat pernyataan kebaruan atau signifikansi atau kontribusi ilmiah atau orisinalitas artikel dan harus mengacu pada kajian sebelumnya dari jurnal dari 10 tahun terakhir yang memperkuat pembenaran untuk orisinalitas atau kontribusi. Kemudian dilanjutkan dengan Gap Analysis atau pernyataan orisinalitas atau pernyataan kebaruan yang jelas dan eksplisit, atau keunikan penelitian ini dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, serta menyebutkan signifikansi penelitian. Kemudian dilanjutkan dengan tujuan penelitian yang ditulis secara jelas dan ringkas. Penting untuk dicatat bahwa State of the Art, Gap Analysis, dan tujuan harus ditulis secara eksplisit di bagian pendahuluan. Ketik teks menggunakan font Californian FB 12pt, spasi 1, dan menggunakan ukuran halaman A4.

Metode

Metode penelitian memuat: jenis penelitian, latar belakang penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, populasi dan sampel, variabel, teknik analisis data, dan pengecekan keabsahan data. Pada bagian ini, penulis mengemukakan alasan pemilihan metode tertentu. Untuk memuat grafik, gambar, atau tabel harus terletak di tengah.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan ditulis dalam satu bagian yang sama dan diperbolehkan membuat subjudul berupa kategori atau tema dari temuan penelitian. Hasil dan pembahasan ditulis maksimal 15 halaman. Mendeskripsikan temuan dari hasil penelitian yang dilakukan dan bagaimana dampaknya di masa mendatang perlu ditulis dengan jelas. Tulis juga perbandingan hasil penelitian dengan penelitian sebelumnya dan kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan. Penulis dibenarkan menggunakan subbab. Pada Subbab tersebut dimungkinkan untuk menambahkan bagian lain sesuai kebutuhan. Subbab juga  dapat terdiri dari beberapa sub-bagian, diketik dengan huruf tebal dan miring.

Jika Anda perlu menyertakan tabel, gambar, atau ilustrasi lainnya berikan file gambar sebagai lampiran untuk pengiriman file Anda. Pemuatan tabel atau gambar harus disebutkan di dalam kalimat teks dalam tabel menggunakan spasi 1 (single spaced). Jika dalam tabel terdapat data berupa kata-kata maupun angka, silakan Anda menggunakan font Californian FB 10pt.  Mohon periksa semua gambar dalam artikel Anda, pastikan bahwa kejelasan, kontras, dan pencahayaan gambar memiliki kualitas yang baik serta peletakkan gambar berada di bagian tengah.

Simpulan

Simpulan menggambarkan jawaban atas hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan yang diperoleh. Kesimpulan tidak berisi pengulangan hasil dan pembahasan, melainkan ringkasan temuan seperti yang diharapkan dalam tujuan atau hipotesis. Kesimpulan hanya terdiri dari 1 paragraf, tanpa peluru dan penomoran, tidak mengulang teori dan metode, hanya menampilkan hasil utama, dan boleh menambahkan saran di akhir kesimpulan. Saran menyajikan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan penelitian selanjutnya. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf dan diketik menggunakan font Californian FB 12pt, spasi 1.

Ucapan Terima Kasih (jika ada)

Tuliskan ucapan terima kasih Anda kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyelesaian penelitian Anda.

Daftar Rujukan

Sistem pemrosesan rujukan disarankan untuk menggunakan perangkat lunak Mendeley, Endnote, atau Zetero. Semua referensi ditulis menggunakan pedoman Author-Date dari American Psychological Association Style dan disusun menurut abjad dalam daftar pustaka. Sebagian besar referensi adalah penelitian terbaru dalam 10 tahun terakhir. Referensi diharapkan minimal 15 artikel jurnal ilmiah atau buku.

Referensi dapat diambil dari buku, buku terjemahan, antologi, artikel di jurnal nasional dan internasional, majalah atau surat kabar, serta karya ilmiah lainnya seperti tesis, disertasi, dan tesis. Sumber data juga dapat berupa laporan pemerintah yang dipublikasikan baik dalam bentuk laporan tahunan maupun laporan lainnya.

Daftar Rujukan harus lengkap sesuai dengan rujukan yang dikutip dalam batang tubuh artikel. Penulisan Daftar Rujukan dengan font Californian FB 12pt, spasi 1 dan berjarak (After Teks) 6pt antar rujukan, disusun urut sesuai dengan Abjad Penulis.

Catatan

Kami merekomendasikan Anda untuk mengunduh template jurnal yang tersedia pada situs web. Agar tulisan Anda dapat memenuhi persyaratan format penulisan, silakan menggunakan template tersebut kemudian ketikkan teks Anda ke dalamnya.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.