Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal al Mashaadir hanya menerima bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab. Fokus jurnal almashaadir adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang keilmuan dan pemikiran Islam serta memberikan kemudahan para pembaca dengan pemahaman yang lebih baik tentang Hukum Ekonomi Syariah dan hukum keluarga Islam di Indonesia dengan menyajikan perkembangan melalui publikasi artikel. Adapun jurnal yang dapat diserahkan berupa hasil penelitian, konferensi, seminar dan Lokakarya, studi kasus, laporan tahunan tentang studi Islam terutama Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Keluarga Islam .

Adapun Jurnal Hukum Ekonomi syariah menerima artikel dalam bidang sebagai berikut:

• Ekonomi Islam

• Keuangan Publik Islam

• Keuangan Islam

• Akuntansi Syariah

• Etika Bisnis Islam

• Perbankan Islam

• Asuransi Syariah

• Lembaga Keuangan Non Bank Syariah

• Perencanaan Keuangan Islam

• Sumber Daya Insani

• Pasar Modal Syariah

• Keuangan Mikro Syariah

• Dan topik lain yang berkaitan dengan hukum ekonomi dan bisnis Islam

Sedangkan di bidang Hukum Keluarga Islam menerima artikel dalam yang mencakup teks dan kerja lapangan dengan berbagai perspektif Hukum Keluarga Islam, termasuk isu-isu terkini dari hukum keluarga di antaranya:

• Perkawinan

• Hak dan Kewajiban Suami Istri

• Harta Kekayaan Dalam Perkawinan

• Pengasuhan dan Pemeliharaan Anak

• Tentang Waris

• Perwalian

• Asal Usul Anak

• Putusnya Hubungan Perkawinan

• Masa Iddah

• Rujuk

• Hukum Pidana Islam

• Hukum Perdata

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel-artikel yang dinilai pantas oleh editor akan di kirimkan ke reviewer guna untuk diberikan saran dan kritikan dari artikel tersebut. Setelah naskah tersebut dinilai oleh reviewer layak untuk di terbitkan maka pihak reviewer akan memberitahu kepada editor. Selanjutnya editor mengevaluasi rekomendasi dan memberitahu kepada penulis tentang saran-saran tersebut. kemudian penulis dapat di dimintai perubahan serta perbaikan yang sesuai dengan saran dari reiewer. Adapun waktu yang diberikan oleh editor kepada penulis berkisar 8-10 minggu. Setelah penulis telah melakukan revisi maka penulis diharuskan untuk memberitahu setiap item revisi yang telah di perbaiki kepada editor. Perlu diperhatikan bahwa revisi harus diselesaikan dan diajukan dalam waktu yang telah disepakatin apabila penulis telah menerima saran dari reviewer. Artikel yang terlambat diajukan tidak akan dipublish dalam edisi tersebut, namun dapat di pertimbangkan untuk edisi selanjutnya. Untuk pengiriman artikel dapat mengikuti panduan penulisan yang telah disepakati oleh tim pengelola jurnal Almashaadir.

 

Publication Frequency

Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah diterbitkan dalam bentuk cetak dan online yang dapat di unduh secara gratis, yang mana akan diterbitkan secara berkala sebanyak dua kali dalam  setahun  yaitu Juni dan Desember Dan Naskah dikirim kapan pun melalui online. Pengiriman naskah Januari s.d Mei akan diproses untuk penerbitan Juni dan Pengiriman naskah Juli s.d November akan diproses untuk penerbitan Desember.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Etika Publikasi

Etika Publikasi Jurnal Al Mashaadir

Publikasi artikel dalam Jurnal almashaadir merupakan jurnal yang memuat naskah di bidang Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Keluarga Islam ke dunia pengetahuan dengan tujuan sebagai wadah yang kredibel bagi akademisi dan peneliti di seluruh dunia untuk menyebarluaskan karya, studi, makalah, dan bentuk penelitian lainnya. Ini merupakan perhatian dari lembaga pendidikan untuk mendukung karya mereka. Karena itu penting untuk menyepakati standar etika publikasi yang telah disepakati oleh semua pihak yang terlibat termasuk: penulis, editor jurnal, reviewer, penerbit dan masyarakat. Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis pada semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan sebuah naskah pada Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah, yang dikelola oleh prodi hukum ekonomi dan hukum keluarga dan kerjasama dengan Unit pengabdian dan penelitian Masyarakat STIS Ummul Ayman Pidie Jaya, termasuk para penulis, para editor, dan para reviewer. Pernyataan ini menjelaskan prilaku etis seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel almshaadir, termasuk penulis, dewan penyunting, mitra bestari dan penerbit. Pernyataan ini disadarkan pada COPE’s Best Practice Guidlines for Journal Editors.

1.      Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Jurnal almashaadir hanya menerima artikel dari hasil penelitian, konferensi/seminar. Study kasus, hasil review buku dan laporan tahunan dalam bahasa Indonesia, inggris dan bahasa arab. Kriteria dari artikel yang dikirim harus memenuhi kriteria yang telah di tetapkan tim jurnal almshaadir. Artikel harus dalam format Microsoft word (doc, docx) dan dikirim memalui situs webjurnal atau bisa juga mengirimkannya ke email jurnal: almashaadir@stisummulayman.ac.id. Panjang artikel maksimal 20 halaman, itu sudah termasuk referensi, lampiran, tabel, dan gambar. Secara umum, artikel harus terdiri dari yang berikut:

A. Artikel yang dikirim ke redaksi kami akan dipertimbangkan untuk publikasi jika memenuhi kriteria berikut:

1. Artikel harus membahas tema Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Keluarga Islam atau topik terkait lainnya, yang ditulis baik dalam bahasa Inggris atau Indonesia dan Arab.

2. Artikel harus asli dan didasarkan pada penelitian dan tinjauan literatur yang berkontribusi untuk pengembangan Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Keluarga.

3. Artikel harus asli, berbasis penelitian, tidak dipublikasikan, dan tidak sedang ditinjau untuk kemungkinan publikasi di jurnal lain.

4. Penulisan artikel terdiri dari judul, nama penulis, institusi, alamat email, abstrak, kata kunci, konten dan referensi.

5. Naskah harus diketik dalam format dokumen MS dengan nama font Californian FB dan sizenya 12 dengan spasi 1.15. Naskah di ketik di atas kertas A4 dengan margin atas 2,4 cm dan kiri 2.36 cm, margin bawah 0.49 cm dan margin kanan 2,33 cm.

6. Judul naskah berbahasa Indonesia terdiri maksimal 12 kata, sedangkan jika berbahasa Inggris terdiri maksimal 10 kata. Naskah harus disertai dengan abstract dan keywords dalam Bahasa Inggris dan Indonesia. serta intisari dan kata kunci dalam Bahasa Indonesia. Abstract dan intisari masing-masing terdiri 200-250 kata. Keywords dan kata kunci masing-masing terdiri 3-5 kata. Artikel harus diketik dalam Microsoft Word dengan RTF (Rich Text Format) atau Doc. (Dokumen Word) dan dikirim ke redaksi melalui Sistem Jurnal online (OJS). Adapun dalam abstrak ditulis mulai dari kegelisahan akademik atau gap Research, tujuan penelitian, metode,sampai hasil dan kesimpulan

7. Masalah terkait lainnya harus dirujuk ke artikel sampel yang disediakan atau hubungi tim teknis kami melalui email: almashaadir@stisummulayman.ac.id

8. Penulis setelah memasukkan naskah melalui sistem OJS dapat mengirimkan naskah disertai dengan  curriculum vitae  terbaru dalam bentuk softcopy kepada: 

Arinal rahmati

Telepon: 085260971125

Email : arinalrahmati@stisummulayman.ac.id

arinalrahmati@gmail.com

Penyunting berhak menyeleksi dan mengedit naskah yang masuk. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan kepada penulis. Prioritas pemuatan naskah didasarkan pada penilaian substansi dan urutan naskah yang masuk ke Jurnal almshaadir. Substansi tulisan atau artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.

  2. Keputusan-Keputusan Publikasi

Sebelum dilakukan penerbitan baik secara Online dan Cetak untuk Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah, Chief Editor yang bertanggungjawab atas penerbitan meminta masukan kepada Editor lain serta dukungan saran dari pada reviewer. Dimana, hal tersebut juga berdasarkan rangkaian penerbitan jurnal yang dimulai dari penyerahan naskah, pengecekan editor, pengecekan reviewer, pengecekan layout, pengecekan plagiat dan hakcipta. Hal tersebut dibawah pengawasan Chief Editor dan Editor lainnya dengan diberi kewenangan, sehingga munculah keputusan publikasi untuk naskah pada Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah.

3.      Non-Diskriminasi

Pada setiap proses penerbitan Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah, para editor dan reviewer ketika mengevaluasi naskah yang dikirim oleh penulis harus memperhatikan kesesuaian bidang dan konten dari jurnal tanpa menghubungkan dengan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal usul etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulisc. Hal ini dilakukan guna memegang etika penerbitan Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah yaitu non-diskriminasi.

4.      Kerahasiaan

Naskah yang terbit pada Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah sangat dijaga nilai informasinya, dimana para editor, dan reviewer tidak diperkenankan membuka banyak informasi tentang sebuah naskah yang sudah disampaikan kepada siapa pun dari penulis, reviewer, tim editorial, serta penerbit, setapi hanya yang sesuai dan sewajarnya.

5.      Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan diungkapkan dalam sebuah naskah yang disampaikan tidak harus digunakan oleh banyak anggota dewan editor dan para reviewer dalam penelitiannya sendiri.

Tugas dan Kewajiban Reviewer

1.      Kontribusi Terhadap Keputusan Editorial

Penerbitan naskah pada Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah melibatkan reviewer dibidangnya, keputusan dari reviewer sebagai kontribusi pada keputusan editor untuk setiap naskah. Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah menggunakan proses blind-review, dimana hasil dari reviewer dikomunikasikan kembali kepada penulis untuk meningkatkan kualitas penelitian para penulis.

2.      Kecepatan

Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah sangat memperhatikan ketepatan waktu publikasi dan informasi pada penulis. Setiap naskah yang masuk pada Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah diinformasikan kepada penulis dan reviewer untuk proses sebagaimana ketentuan dasarnya. Jika reviewer tidak melaksanakan tugasnya tepat waktu, maka editor mengambil keputusan untuk mengganti reviewer lain yang lebih berkualitas. Guna kecepatan waktu penerbitan tetap konsisten sesuai dengan yang ditetapkan.

3.      Kerahasiaan

Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah dikelola oleh Unit penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIS ummul Ayman dengan bantuan pada editor dan reviewer ahli. Setiap naskah yang masuk, sangat dijaga kerahasiaanya baik oleh editor, reviewer dan penerbit. Mengingat sistem blind-reviewer, maka setiap naskah yang masuk reviewer hanya bisa didiskusikan konten naskah dengan editor dan penulis.

4.      Standar Objektivitas

Setiap naskah yang masuk pada Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah, para editor dan reviewer diwajibkan untuk mengevaluasi naskah tersebut berdasarkan standar yang ditetapkan. Namun demikian, komentar ulasan dari editor dan reviewer perlu menghormati penulis. Serta para reviewer diwajibkan untuk konsisten pada keputusan dan rekomendasi mereka kepada para editor dan penulis.

5.      Pengakuan Sumber-Sumber

Para reviewer diwajibkan memperhatikan setiap sumber yang berasal dari semua naskah yang masuk ke Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah, dimana naskah tersebut dikirimkan oleh penulis melalui editor. Setiap sumber perlu diketahui kebenaran dan kemutahirannya, serta diakui melalui daftar refensi yang dipercaya.

6.      Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi khusus atau ide-ide yang diperoleh melalui ulasan reviewer (peer-review) harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Para reviewer seharusnya tidak mempertimbangkan naskah yang mana naskah tersebut memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lain atau juga koneksi dengan para penulis, perusahaan, atau institusi lainnya yang dihubungkan dengan penelitian. 

Tugas dan Kewajiban Penulis

1.      Standar Pelaporan

Para penulis diwajibkan memberikan data secara akutan dan informasi yang informatif atas hasil karya yang diberikan kepada Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah. Data yang disajikan mengandung sumber referensi yang dapat dipertanggungjawabkan dan termaktub dalam naskah. Data yang disajikan harus secara akurat. Artikel harus detail terhadap referensi yang mana memungkinkan orang lain untuk mengutip karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima

2.      Akses Data dan Retensi

Para penulis dimungkinkan ditanya terkait data dan informasi pada naskah, sehingga diwajibkan memberikan data dan informasi yang berkaitan dengan naskah tepat waktu kepada editor dan reviewer. Hal ini untuk memudahkan penyempurnaan naskah dari penulis sesuai dengan kaidah Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah.

3.      Orisinalitas dan Plagiarisme

Para Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, bahwa ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat. Adapun untuk membantu penulis dalam mengidentifikasi adanya unsur kesamaan dengan penulis lainnya, penulis dapat mengecek menggunakan aplikasi seperti turnitin dan sejenisnya

 

4.      Multiple, Redundant or Concurrent Publication

Ketika penulis mengirimkan naskah untuk dipublikasi di Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah, penulis tidak diperkenankan mengirimkan naskah tersebut pada penerbit lainnya secara simultan. Pengajuan simultan dari penulis dipertimbangkan tidak etis dan tidak dapat diterima naskahnya.

5.      Pengakuan Sumber-sumber

Setiap naskah yang dikirimkan oleh penulis pada Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah wajib memberikan pengakuan atas sumber-sumber yang layak dan mampu menambah nilai naskahnya, semua pengakuan tersebut harus tercantum secara jelas pada daftar referensi.

6.      Kepengarangan Penelitian

Kepengarangan seharusnya terbatas kepada yang telah membuat suatu kontribusi yang signifikan kepada penelitian yang dilaporkan dalam naskah yang dikirimkan ke Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah. Penulis yang tercantum dalam naskah memiliki suatu tanggung jawab untuk menjaga co-penulis diposting dengan proses ulasan. Jika diterima, semua penulis diharuskan untuk memberikan pernyataan yang ditandatangani bahwa karya penelitian adalah karya penelitian asli mereka. 

7.      Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis seharusnya mengungkapkan dalam naskahnya tentang semua hal yang mendukung penelitiannya terselesaikan. Semua penyokong sumber keuangan untuk penelitian seharusnya diungkapkan.

8.      Kesalahan-kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan data yang signifikan dalam karyanya maka adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki jurnalnya.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Kebijakan akses terbuka merujuk pada Budapest Open Access Initiative 15 sesuai dengan pranala berikut https://www.budapestopenaccessinitiative.org/boai15-1

Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah adalah jurnal akses terbuka yang menyediakan akses langsung, di seluruh dunia, bebas hambatan ke teks lengkap dari semua artikel yang diterbitkan tanpa biaya pembaca atau lembaga mereka untuk akses. Pembaca berhak untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap dari semua artikel di Jurnal Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah Jurnal

 

Pemberitaan Hak Cipta

Semua artikel yang dikirimkan penulis dan diterbitkan di J Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah, sepenuhnya hak cipta penerbitan dari Jurnal Jurnal Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah dibawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.