Bisnis Biro Jodoh Perspektif Islam (Studi Terhadap Rumah Jodoh Indonesia, Giwangan — Yogyakarta Dalam Lingkup Kajian Mashlahah Mursalah)

Authors

  • Alimuddin HM STAIN Madina

DOI:

https://doi.org/10.52029/gose.v1i1.112

Keywords:

Bisnis, Islam, Jodoh

Abstract

Bisnis jasa perjodohan merupakan satu dari sekian banyak lembaga bisnis yang terbilang baru di era modern. Bisnis ini memang terbilang unik dan tentunya memiliki nilai tersendiri untuk dikaji lebih mendalam. Ini disebabkan karena masih banyak masyarakat belum memahami dengan pasti terkait status kehalalan serta bagaimana Islam memandang praktek bisnis jasa perjodohan jika ditinjau dari kaidah fikih. Penelitian ini digolongkan dalam jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif yang ditujukan untuk memperjelas bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap bisnis jasa perjodohan. Adapun metodologi penelitian bersifat normatif serta dianalisis dengan menggunakan pendekatan kaidah ushul fikih yaitu Mashlahah Mursalah. Dari penelitian ini, dihasilkan beberapa temuan di antaranya yaitu: 1) Realita visi dan misi Rumah Jodoh Indonesia yang ternyata mampu menjadikan objek kajian ini tidak hanya bermanfaat sebagai media bisnis namun juga sebagai aktifitas tolong menolong dalam rangka menjalankan syariat Allah yaitu menikah. Ini sudah sesuai dengan kaidah mashlahah mursalah dalam kajian ushul fiqih. 2) Implikasi nilai syariah dalam bisnis ini terdapat pada praktek jasa (ijarah) yang tidak bertentangan dengan syariat Islam. 3) Sebagai gambaran akhir dalam penelitian ini menunjukkan tidak adanya penyimpangan akad dalam bisnis jasa Rumah Jodoh Indonesia dan peneliti berkesimpulan bahwa bisnis jasa Rumah Jodoh Indonesia dapat dikategorikan sebagai bisnis jasa yang halal untuk dijalankan selama tetap konsisten untuk berpegang pada nilai-nilai kesyari’ahan suatu lembaga bisnis Islam. Tentu dalam hal ini Al-Qur’an dan As-sunnah sebagai rujukan utama.

 

References

Abdurrahman, M. (1992). Pengantar dan Asas-Asas Hukum Perdata Islam. Central Media.

Abu Abdullah Muhammad bin Isma’’il Al-Bukhari, A.-J. al-S. (n.d.). Kitab al-Nikah Bab al-akfa’ fi al-din (III). Maktabah Al-Salafiyah.

Al-Bantani, M. S. (2010). Shalat Tarik Jodoh. PT Elex Media Komputindo-Kompas Gramedia.

Antonio, S. (2011). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek (18th ed.). Gema Insani Press.

As-Suyuthi, J. A.-D. (2005). Sunan An-Nasa’i Bi Syarh Al Hafiz Jala l Ad-Din As-Suyuthi, “Kitab Al-Nikah". Dar Al-Fikr.

Bukhari, I. (1981). Sahih Bukhari. Kitab al-Ijarah, Bab Idza as-Ta’jara ajiran. Dar Al-Fikr.

Dahlan, A. R. (2011). Ushul Fiqh. Amzah.

Dawud, A. (n.d.). Sunan Abu Dawud, Kitab al-Adab, Bab fil-Ma’unah lil-Muslim. Bait al-Afkar al-Dauliyah.

Djazuli, A. (2006). Kaidah — Kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah — Masalah yang Praktis. Kencana Prenada Media Group.

Djazuli, A. (2012). Ilmu Fiqih - Penggalian, Perkembangan Dan Penerapan Hukum Islam. Kencana Prenada Media Group.

Ghazaly, A. R. (2012). Fiqh Muamalat. Kencana Prenada Media Group.

Haroen, N. (2000). Fiqh Muamalah. Gaya Media Pratama.

Karim, A. A. (2013). Bank Islam-Analisis Fiqih dan Keuangan (9th ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Karmaen, S. (2013). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemanfaatan Barang Jaminan Sawah Oleh Pemegang Gadai, Studi Kasus Di Kelurahan Gerung Selatan Kabupaten Lombok Barat NTB. UIN Sunan Kalijaga.

Khallaf, A. W. (1994a). Abdul Wahhab Khallaf, Ilmu Ushul Fiqh. Toha Putera Grup.

Khallaf, A. W. (1994b). Ilmu Ushul Fiqh, terj. Moh. Zuhri. Dina Utama.

Majah, I. (n.d.). Sunan Ibn Majah. Kitab ar-Rahn, Bab Ajr al-Ujrah, ( : Dar al-Fikr, t.t.), II: Dar al-Fikr al-‘Arabi.

Muslim, I. (n.d.). Shahih Muslim, Kitab al-Imarah, Bab al-Ianatul Ghozi. Dar Al-Fikr.

Nawawi, H. (1995). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press.

Rasyid, S. I. ‘Abdurrahman al —. (n.d.). Sunan at Tirmizi, “Kitab Al-Nikah, Bab Ma Ja’a Iza Ja akum Man Tardhauna Dinahu Fa Zawwijuh (IX). Maktabah al-Ma’arif.

Sabiq, S. (2012). Fiqh Sunnah (III). Pena Pundi Aksara.

Shihab, M. Q. (2006). Tafsir Al Mishbah (3rd ed.). Penerbit Lentera Hati.

SKM, S. al-G. (2009). Kupinang Engkau Dengan Cinta. CV Media Grafika.

Supardi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. UII Press.

Syafe’i, R. (1998). Ilmu Ushul Fiqih. CV Pustaka Setia.

Tjiptono, F., & Chandra. (2012). Pemasaran Global Konteks Offline dan Online. Konteks Offline dan Online. UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2023-05-11

Issue

Section

Articles