Etika Bisnis Islam dalam Praktik Pengembalian Uang Belanja Konsumen (Studi Kasus di Atakana Swalayan Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.52029/gose.v1i1.104

Keywords:

Etika Bisnis Islami, Konsumen, Pengembalian Belanja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik pembelanjaan belanja konsumen di supermarket Atakana Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat dan menganalisis praktik pembelanjaan konsumen dari sudut pandang etika bisnis islami. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh langsung dari informan dan responden serta observasi secara langsung. Dalam praktek pengembalian uang konsumsi konsumen dengan ditukar dengan barang ada beberapa yang menyatakan tidak terpenuhinya akad dan belum diambilnya objek tertentu, artinya pembelian telah terpenuhi namun sama dengan pengembalian uang belanja konsumen dalam penukaran permen yang belum terpenuhi, karena tidak adanya akad atau lafadz yang mengatakan kasir mengganti uang receh dengan permen. Dan konsumen tidak diberi kesempatan untuk menyepakati ganti-ganti barang karena kasir dengan seenaknya menyerahkan candy bar tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, praktek pengalihan sisa uang yang dihabiskan dengan permen ini dilakukan karena sulitnya mendapatkan kembalian nominal yang rendah, yang dilakukan oleh supermarket Atakana Pangkalan Brandan. Dalam Islam seharusnya dilakukan secara transparan dan tidak menghakimi, namun pada kenyataannya perubahan yang dilakukan tanpa persetujuan salah satu pihak dan hanya menguntungkan satu pihak dan dapat merugikan pihak lainnya. Pengembalian nominal konsumsi konsumen, merupakan hak konsumen dan tidak boleh ditukar tanpa persetujuan konsumen. Dalam hal ini terdapat praktek mengambil hak orang lain dan saling menghakimi.

References

Ascarya. (2013). Akad dan Produk Bank Syariah. Rajawali Press.

Djakfar, M. (2008). Etika Bisnis Islam. UIN Malang Press.

Ghazaly, A. R. (2010). Fiqh Muamalah. Kencana.

Johan, A. (2009). Etika Bisnis Islam. Walisongo.

Juliyani, E. (2016). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jurnal Umum Qura, 7(1).

Jusmaliani. (2008). Bisnis Berbasis Syariah. Bumi Aksara.

Katsir, I. (2015). Tafsir Ibnu Katsir. Ibnu Kamil.

Keraf, S. (2012). Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Kanisius.

Moleong, L. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda karya.

Muhammad. (2008). Ekonomi Syariah. Graha Ilmu.

Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Mitra Wacana Media.

Sugono, D. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama.

Suhendi, H. (2003). Fiqh Muamalah. PT Raja Grafindo Persada.

Sumarni, M., & Shuprianto, J. (2018). Pengantar Bisnis. LPPM Universitas Malikussaleh.

Titus, H. H., & Rasjidi, H. M. (2012). Persoalan-Persoalan Filsafat. Bulan Bintang.

Downloads

Published

2023-05-11

Issue

Section

Articles